A. BEASISWA PPA DIKTI

Setiap awal akademik AKPER RSP TNI AU memberikan beasiswa dari Ditjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) kemendikbud bagi mahasiswa yang berprestasi akademik terbaik dan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu

Prosedur untuk mendapatkan beasiswa sebagai berikut :

Wadir III memperoleh informasi dari instansi pemerintah Informasi beasiswa disampaikan bidang kemahasiswaan melalui administrasi Kemudian diumumkan kepada pihak mahasiswa Mahasiswa mengajukan permohonan/ berkas persyaratan kepada bagian kemahasiswaan dengan melampirkan :

• Foto copy KHS kumulatif

• Surat keterangan kelakuan baik

• Surat keterangan gaji/ penghasilan orang tua

• Pas Foto hitam putih ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

Sekretaris bagian kemahasiswaan menerima dan menyeleksi berkas persyaratan Berkas yang memenuhi persyaratan disampaikan kebagian kemahasiswaan untuk diproses.

Selanjutnya melalui Wadir III berkas persyaratan disampaikan kepada pihak instansi pemberi beasiswa untuk diproses Pihak Instansi pemberi beasiswa menetapkan mahasiswa sebagai penerima beasiswa dan melakukan transfer.

Urusan kemahasiswaan melaksanakan penyampaian dana beasiswa sesuai data yang ditetapkan oleh instansi pemberi beasiswa dan tanda terima beasiswa disampaikan kembali kepada pihak instansi pemberi beasiswa 10. Kriteria mahasiswa penerima beasiswa :

- Memiliki IPK 3.00

- Berdasarkan penghasilan orang tua

- Berdasarkan jumlah tanggungan keluarga

B. BEASISWA YAYASAN BEASISWA JAKARTA

Persyaratan :

- Bertempat tinggal dan kuliah di DKI Jakarta atau perguruan tinggi di bawah koordinasi KOPERTIS wilayah III

- Usia maksimal 25 tahun (pada saat pengajuan permohonan)

- Memiliki IPK 2.8 (eksakta) atau IPK 3.00 (social)

- Tergolong dalam keluarga kurang mampu (dibuktikan dengan SKTM dari lurah setempat)

- Sanggup mengikuti/ mematuhi ketentuan yang ditetapkan oleh yayasan beasiswa Jakarta (secara tertulis)

- Belum pernah menikah dan belum bekerja (keterangan dari lurah setempat) Mendapat persetujuan dari orang tua/ wali

- Berkelakuan baik, rajin, jujur dan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi/ lembaga lain, dinyatakan dengan surat keterangan pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan

Tata cara Pengajuan Permohonan Bantuan

Mahasiswa mengajukan permohonan kepada Ketua Umum YBJ untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan :

• Copy KTP, KK,Kartu tanda mahasiswa

• Surat keterangan dari dekan/ ketua jurusan bahwa masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif kuliah dan berkelakuan baik, rajin dan jujur

• Surat keterangan dari Kepala Biro Administrasi kemahasiswaan (BAAK) bahwa mahasiswa yang bersangkitan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi/ lembaga lain.

Saat pengajuan permohonan/ pendaftaran posisi mahasiswa sudah pada akhir semester 2 dan 4 untuk D3, semester 6 untuk S1 setiap tahun akademik baru Permohonan dapat dilakukan secara peorangan secara online di www.beasiswajakarta.com

Pendaftaran dibuka setiap tahun pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 15 September

C. BEASISWA YAYASAN ADI UPAYA

Beasiswa TNI AU ada 2 yaitu Beasiswa untuk Keluarga Besar AU dan Beasiswa DISDIK AU. Beasiswa untuk Keluarga besar AU berasal dari Yayasan Adi Upaya yang berlaku untuk keluarga besar TNI AU kemudian diajukan pribadi ke YASAU oleh Mahasiswa yang ayah atau ibunya bekerja sebagai Angkatan Udara atau PNS AU. Biasanya beasiswa dari YASAU ditentukan oleh hasil Akademik mahasiswa dengan IPK minimal 3.00. Sedangkan Beasiswa dari DISDIK AU biasanya diberikan untuk Anggota TNI AU yang mengikuti seleksi masuk yang di adakan oleh DISDIK AU untuk berkuliah di Akper RSP TNI AU dan kemudian di seleksi kembali oleh Akper RSP TNI AU saat Penerimaan Mahasiswa Baru bersama dengan calon mahasiswa reguler.